RPP berbasis CTL

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN ( RPP )
BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING LEARNING ( CTL )

1. Identitas Sekolah
Nama Sekolah : SDN Cicadas 1
Kelas / Smt : IV / 2
Mata Pelajaran : IPA
Jumlah Pertemuan : 1 x pertemuan

2. Standar Kompetensi
7. Memahami gaya dapat mengubah gerak dan atau bentuk suatu benda

3. Kompetensi Dasar
7.1. Menyimpulkan hasil percobaan bahwa gaya (dorongan) dan (tarikan) dapat mengubah gerak suatu benda.

4. Indikator ketercapaian Kompetensi
• Mendemonstrasikan cara menggerakkan benda, misalnya di dorong atau ditarik.

5. Tujuan Pembelajaran
• Peserta didik dapat mendemonstrasikan cara menggerakkan benda
Karakter peserta didik yang diharapkan memiliki :
1. Kerja keras
2. Kreatif
3. Rasa ingin tahu
4. Mandiri

6. Materi Ajar : Gaya
Setiap bentuk tarikan dan dorongan disebut gaya. Gaya dapat mengubah benda yang diam menjadi bergerak, bergerak makin cepat, dan mengubah arah.

7. Alokasi Waktu : 3 x 35 Menit

8. Metode Pembelajaran
• Pendekatan Contextual Teaching Learning (CTL)
• Demonstrasi, Diskusi, penugasan

9. Kegiatan Pembelajaran
a. Pendahuluan : – Mengkondisikan kelas, berdoa, Absen
– Appersepsi

b. Inti
Eksplorasi : – Peserta didik mencoba menggerakkan atau menggeser bangku /kursi yang ada di dalam kelas.
– Peserta didik melakukan kegiatan bermain kelereng
Elaborasi : – Peserta didik melakukan diskusi kelompok hasil dari demonstrasi cara menggerakkan benda dan bermain kelereng.
Konfirmasi : – Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas

c. Penutup : – Peserta didik membuat simpulan dari hasil diskusi dengan
bimbingan guru.
– Peserta didik diberikan penilaian dan penugasan LKS

10. Penilaian Hasil Belajar :
Jenis Tes : Lisan dan tertulis
Bentuk Tes : Isian dan Uraian

Draft soal penilaian lisan dan tertulis
Pertanyaan
1. Apa yg terjadi pada benda-benda yang kamu dorong / tarik ?
2. Apa kesimpulanmu !

FORMAT PENILAIAN
Penilaian Sikap
No Nama Siswa Aspek yang dinilai Jumlah
Skor Nilai
Akhir
Tanggung
Jawab Kerja
Sama Tenggang
Rasa partisipasi
1 2 3 1 2 3 1 2 3 1 2 3

Keterangan :
1. Kurang Baik
2. Baik
3. Sangat Baik
Nilai : Skor perolehan x 10
Skor maksimal

11. Sumber Belajar
• Buku Paket IPA, kelas 4 SD
• Alat peraga seperti bangku, kursi, kelereng dan bola

Bandung, 10 Januari 2011
Mengetahui & Menyetujui
Kepala SDN Cicadas 1 Guru Kelas IV

Hj. Maryati, S.Pd Neni Royani, SH
NIP.19511106 197311 2 001 NUPTK.9937756657300052

LEMBAR KERJA SISWA ( LKS )

Nama : ……………..
Kelas/Smt : ……………..

I. Isilah titik-titik di bawah ini dengan benar !
1. Gaya dalam sains berarti ….
2. Gaya dapat menyebabkan benda diam menjadi …
3. Pada saat kita mendorong meja, kita memberi …. pada meja.
4. Pada saat kita menggulung benang, kita memberi …. pada benang.
5. Meja yang diam akan bergerak jika didorong. Dalam hal ini gaya mempengaruhi ….

MMMM

About these ads

Tentang royani78

Saya seorang pengajar di SDN Cicadas 1. Dulu saya kuliah S1 Hukum Tata Negara lulus thn 2004, sekarang sedang menempuh S1 kedua di UPI jurusan Pedagogik, Prodi PGSD.
Tulisan ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s